Cara beternak ikan lele

Cara beternak ikan lele – budidaya ikan lele merupakan salahsatu usaha yang saat ini menjadi idola sebagai tambahan penghasilan,selain kebutuhan untuk ikan lele yang selalu meningkat di pasaran ternyata budidaya ikan lele selain mudah dilakukan oleh siapapun juga modal yang kita butuhkan bisa bertahap maksudnya kita jalankan sesuai dengan kemampuan dan lahan yang ada.dan yang perlu kita yakini bahwa sekecil apapun usaha kita apabila dikelola dengan benar pasti akan mendatangkan hasil yang berlimpah dan akan menjadi usaha yang besar,oleh karna itu melalui artikel ini kami akan memberikan tips cara beternak ikan lele yang paling mudah.

Cara beternak ikan lele

Cara beternak ikan lele

Budidaya yang banyak dilakukan di Indonesia pada umumnya adalah Pembenihan, Pendederan dan Pembesaran atau gabungan ketiga-nya. Pada tulisan kali ini, kita akan membahas garis besar teknik budidaya Pembesaran ikan lele, dalam tahap ini kami akan memberikan cara beternak ikan lele dengan pola HCS yang dalam pengelolaanya sangat mudah serta untuk pembuatan pakannya pun sangat sederhana juga MURAH,untuk pakannya kita manfaatkan limbah yang banyak dan mudah kita dapat misalkan feses kambing.dalam tahap Pembesaran ini rata-rata dimulai sejak umur lele di Pendederan 14 – 21 hari, kurang lebih berukuran panjang antara 5 – 12 cm.

Persiapan yang perlu dilakukan untuk budidaya lele

1. Persiapan kolam

Beternak ikan lele,baik dalam pembenihan, pendederan maupun pembesaran dapat dilakukan pada kolam tanah, bak tembok, kolam terpal atau bak plastik. Lahan yang dibutuhkan relatif tidak perlu luas seperti halnya budidaya jenis ikan lain.oleh karna itu beternak ikan lele tidak harus memiliki kolam tapi kita bisa manfaatkan lahan yang ada dengan bantuan plastik atau terpal.

Kebutuhan besar atau luas untuk budidaya ikan lele kita dapat menyesuaikan kondisi yang ada,artinya makin besar ukuran lele yang akan dipelihara semakin luas kolam yang dibutuhkan, dan semakin dalam kolam yang disiapkan, tentunya semakin banyak jumlah lele yang bisa dipelihara,sebagai gambaran, apabila disiapkan kolam dengan kedalaman 75 cm, padat tebar benih dengan ukuran 5 – 8 cm adalah 50 – 100 ekor/meter persegi, dan benih dengan ukuran 8 – 12 cm adalah 30 – 50 ekor/meter persegi.

Beberapa langkah yang perlu kita siapkan sebelum tebar ikan :

Langkah pertama

Penebaran benih kedalam kolam yang telah berisi air (tahap awal, kedalaman air tak lebih dari 30cm) yang sudah dikondisikan cukup untuk pesediaan pakan selama 29 hari berupa plankton.
Sarana pembuatan plankton dengan bahan dasar kotoran ternak dan ampas tahu atau sayur limbah yang telah difermentasi dengan SOC HCS, selama 24 jam, lalu dimasukkan dalam karung goni yang tertutup rapat sebanyak 6 karung, Kemudian 6 karung tadi dimasukkan dalam air, untuk memicu pertumbuhan plankton sebagai makanan alami ikan.
Setelah 15 hari dalam kolam, maka air kolam telah dipenuhi oleh plankton yang cukup untuk persediaan pakan alami sampai 29 hari.
Jangan lupa, sehari sebelum benih ditaburkan, larutkan SOC HCS dengan perbandingan : per 2 m3 dengan 1 tutup botol.

Langkah kedua

Setelah 7 -15 hari, maka kolam telah siap ditaburi benih. Lakukan beberapa hal untuk proses penebaran benih sebelum masuk ke air kolam, adalah sebagai berikut :

  • Siapkan 3 ember/timba
  • Ember/Timba yang pertama untuk benih ikan lele.
  • Ember/Timba yang kedua, untuk larutan alkohol 10%
  • Ember/Timba yang ketiga, untuk larutan SOC ( 1 tutup soc + 1 ltr air )

Catatan : Ikan lele yang baru kita beli masukan pada ember/timba pertama lalu tambahkan air kolam kira-kira 2 gayung,setelah itu ambil ikan lele dengan saringan lalu lewatkan diatas ember larutan alkohol tadi dan masukan pada ember larutan SOC .setelah lalu ikan dimasukan pada kolam secara perlahan.

Sekian tips dari kami tentang cara beternak ikan lele,dan simak artikel selanjutnya cara membuat plankton atau pakan lele dari kotoran kambing

Untuk info lebih jelas bisa hub : Ibu Sari

No hp    0822 1683 4499/32A192EB

Iklan

Ditandai:,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s